Senin, 29 November 2010

SEGMENTASI PASAR

1. Demografi

A. Umur

Dalam pembelian suatu produk, misalkan produk handphone itu pembeli menyesuaikan dengan umur mereka, contohnnya: seorang bapak yang membelikan anaknnya yang masih berumur 9 tahun maka ia membelikan handphone dengan fitur yang masih sederhana yang hanya dipergunakan untuk menelphone dan sms saja. Karena ia belum terlalu mngerti akan kegunaan fitur dalam handphone tersebut.

Dan uga contoh lainnnya adalah. Seorang bapak-bapak atau ibu-ibu yang sudah berumur ia akan memilih handphone yang biasa saja dan juga ia akan memilih handphone yang simpe saja misalnnya yang tombolnnya lebih besar, tidak qwerty, menu yang simple. Layar yang agak besar.

B. Jenis kelamin

Biasnnya seseorang pembeli yang ingin membeli handphone terutama seorang wanita ia lebih mengutamakan bentuk, corak warna dari handphone tersebut. Apabila handphone tersebut memiliki bentuk dan corak warna yang menarik maka ia akan membeli produk handphone tersebut,

Beda dengan pria yang ingin membeli handphone ia biasannya lebih memilih hanphone dengan warna yang gelap atau hitam, dan juga tidak terlalu memikirkan bentuk dari handphone tersebut karena biasannya mereka lebih cuek dan tidak terlalu mementingkan gaya dan suka yang lebih simple dibandingkan oleh para wanita.

C. Pendapatan

a. Menengah ke atas

Pembeli yang mempunyai uang atau bisa disebut pembeli yang kelas menengah ke atas(orang kaya) ia cenderung membeli handphone yang hargannya tinggi atau mahal karena ia handphone tersebut baginnya adalah sebuah kebanggaan apabila ia bisa mengenakan handphone yang hargannya mahal, minimal handphone tersebut hargannya 2jt. Semakin tinggi harga handphone tersebut maka semakin tinggi pula rasa percaya diri orang tersebut untuk memegang handphone yang ia kenakan. Mereka lebih mengutamakan harga diri dan gengsi mereka yang tinggi. Dengan handphone yang ia kenakan cukup mahal dan fiture yang lengkap.

b. Menengah ke bawah

Pembeli yang pendapatannya menengah kebawah biasannya membeli handphone sesuai dengan pendapatan yang ia miliki, biasannya orang yang pendapatannya menengah ke bawah ia lebih memilih handphone yang hargannya lebih murah sesuai dengan keuangan mereka, ia memilih hanpdhone yang penting bisa di gunakan oleh mereka. Biasannya handphone yang mereka beli adalah handphone cina yang fiturnnya lengkap dan hargannya terjangkau , dibawah 2jt.

D. Status perkawinan

Seorang pembeli yang sudah menikah bisannya membeli sebuah mobil yang berguna untuk mereka gunakan, contohnnya seorang wanita dan pria yang sudah menikah memiliki 4 orang anak mereka akan lebih memilih mobil yang lebih besar seperti mobil kijang dibandingkan mobil sedan kecil, karena dengan ia membeli mobil yang besar seperti mobil kijang maka mereka semua akan bisa pergi dan memanfaatkan mobil tersebut untuk jalan-jalan sekeluarga.

E. Pendidikan

Para konsumen khususnya para mahasiswa atau murid murid sekolah menggunakan atau mereka membeli computer dan laptop untuk digunakan apabila ada tugas dari guru-guru atau dosen mereka, mereka membeli computer atau laptop untuk pendidikan agar mereka bisa belajar dan menggunakan computer atau laptop untuk mereka belajar.

F. Pekerjaan

Pembeli atau konsumen yang sudah bekerja biasannya mereka membeli keperluan yang mereka butuhkan untuk pekerjaan dan juga kebutuhan mereka. Misalnnya handphone para pekerja menggunakan handphone untuk keperluan bisnis mereka untuk menelphone dan membuat janji dengan para pekerja lainnya dengan menggunakan handphone,

Contoh lain lagi adalah computer para pemilik perusahaan biasannya membeli computer untuk di taro di kantor atau di setiap tempat untuk karyawannnya untuk memasukan data data perusahaan, maka pemilik perusahaan harus membeli banyak produk computer atau laptop.

2. Segmentasi pasar

A. Manfaat yang dicari

Pembeli atau konsumen lebih memilih produk yang memberikam manfaat yang baik, walaupun harga yang didapat mahal, contohnnya, sebuah handphone yang memiliki fungsi hanya untuk menelphone dan sms. Bagi para konsumen handphone tersebut tidak memberikan manfaat yang mereka cari. Karena sekarang handphone sudah berkembang mengikuti zaman dan juga mengikuti kemauan yang konsumena seperti televisi, internet, pelajaran yang sekarang juga sudah ada di fiture handphone, kamera dan masih banyak lagi.

B. Kesetiaan merk

Pembeli lebih mengutamakan produk yang ia percayai dan selalu ia beli, contohnnya saja handphone nokia dan handphone cina yang sekarang sudah marak di televisi dan dimana-mana handphone nokia memiliki nama yang sudah sangat terkenal dan mempunyai harga jual yang cukup tinggi, service yang sudah ada dimana-mana di bandingkan handphone cina yang sulit sekali mencari tempat service dan tidak mempunyai harga jual yang tinggi, bahkan harag jualnnya akan jauh lebih murah dibandingkan harga yang telah ia beli.

Contoh lagi adalah sebuah motor, motor yang bermerk Yamaha lebih banyak diminati oleh masyarakat karena ia mempuyai pelayanan yang ada dimana-mana, harga jual yang tinggi dan juga mesin yang bagus. Pembeli lebih memilih motor yang tidak merepotkan dan mempunyai service yang ada dimana-mana dibandingkan motor yang tidak ternama, seperti zialing motor cina.

C. Tingkat penggunaan

- alasan membeli

mereka membeli handphone sebagai alat komunikasi yang lebih baik dari pada telephone rumah karena mudah untuk di bawa kemana-mana.

- Penjual

Sebuah produk mempunyai tingkat penjualan yang tinggi apabila produk tersebut laris dipasaran dan mempuyai nama yang terkenal, contohnnya saja sebuah mobil. Seorang yang membeli mobil misalnnya haga mobil tersebut 125juta, apabila mobil tersebut mempunyai merk yang bagus, kondisi banyak dicari dipasaran maka harga mobil tersebut bisa meningkat hargannya menjadi 128juta. Dan si penjual akan mendapatkan keuntungan dari hasil produk yang telah ia jual tersebut.

- Iklan

Konsumen membeli handphone karena ia melihat iklan yang menarik di televisi, Karena factor harga yang murah, fiture yang lengkap dan cangih, dan masih banyak lagi yang membuat konsumen dan para pembeli ingin membeli handphone tersebut.

3. Karakeristik kepribadian konsumen

A. Kebutuhan akan kesadaran

Banyak konsumen yang baru menyadari akan pentingnnya sebuah kendaraan, sebelumnya mereka menggunakan angkutan untuk mereka berpergian padaha apabila mereka membeli sebuah motror atau mobil itu akan lebih memudahkan mereka berpergian, contohnnya saja sebuah motor apabila ia ingin bekerja dengan menggunakan motor maka ia akan terhindar dari kemacetan dan lebih cepat sampai kekantor, dan juga akan lebih mengirit keuangan mereka,

Kalau mereka membeli mobil apabila ia mempunyai anak maka ia tidak usah repot-repot apabila ia ingin berpergian yang jauh karena mereka sudah mempunyai mobil dan bisa membawa barang-barang mereka didalam mobil.

B. Toleransi terhadap kebimbangan

Banyak orang tua yang tidak mengizinkan anaknnya untuk menggunakan handpone dan tidak membelikan alapt komunikasi tersebut karena mereka berfikir handphone tersebut akan merusak anak-anak mereka dengan terus menggunakan game atau internet yang ada di dalam handphone tersebut, tetapi dengan seiringnnya zaman dan waktu orang tua lebih mengtolerir alat komunikasi tersebut dan membelikan handphone tersebut walapun mereka masih bimbang kalau mereka membeli alat komunikasi tersebut, dan akhirnnya mereka membeli alat transportasi tersebut agar dapat menelphone anak-anak mereka jikalau mereka pergi jauh.

C. Kecendrungan mengambil resiko

Banyak orang/pembeli yang membeli produk tapi tidak memikirkan jangka panjang kedepan. Contohnnya saja pembeli yang membeli mobil yang sudah tua padalah ia mampu membeli mobil yang tahunnya lebih muda. Pembeli tersebut tidak memikirkan jangka panjang terhadap mobil tersebut. Apabila ia melakukan perjalanan yang jauh maka mobil tersebut tidak akan bisa, mobil tersebut akan mogok atau rusak dijalan. Dan juga polusi yang diakibatkan dari knalpot mobil tersebut. Itu akan melanggar hokum apabila mobil tersebut masuk kedalam jalan tol yang sudah melarang mobil yang berpolusi masuk kedalam jalanan tol atau pergi ke daerah pusat Jakarta.

4. Budaya

A. Adat istiadat

Biasnnya didalam sebuah daerah yang masih kental akan adat istiadatnnya itu sangatlah susah untuk memiliki sebuah produk contohnnya saja mobil, di sebuah suku atau disebuah tempat yang daerah yang masih terpencil yang adat istiadatnnya masih sangat kental mereka melarang akan adannya sebuah kemodernan. Maka mereka hanya membeli sebuah sepeda untuk alat transportasi mereka.

B. Kebiasaan

Seorang pembeli yang sudah mempunyai kebiasaan untuk menggunakan sebuah alat transportasi seperti motor maka ia akan terus menggunakan motor tersebut dan tidak memilih mobil kerena mereka sudah terbiasa menggunakan motor tersebut karena mereka atau konsumen sudah terbiasa menggunakan produk tersebut dan tidak bepaling menggunakan produk lain.

C. Norma

Biasannya pembeli yang membeli produk tidak pernah memikirkan atau mementingkan norma-norma yang berlaku,contohnnya saja produk motor banyak pembeli yang membeli motor hanya untuk ngebut-ngebutan dan tidak memenuhi norma-norma yang ada.

D. Nilai
banyak pembeli yang membeli sebuah produk yang berharga, ia
mementingkan nilai-nilai jual yang terkandung didalam produk yang
mereka beli, contohnnya saja emas, emas mempunyai nilai jual yang cukup
tinggi apabila nilai jual emas itu menungkat dipasaran.